top of page

Teknik Geofisika, susah nggak sih?


Awal tahun baru hingga pertengahan tahun adalah waktu-waktu yang paling mendebarkan bagi siapapun yang hendak lulus SMA. Banyak hal yang harus ditentukan dan dipilih matang-matang. Pengalamanku sendiri tahun lalu pun jauh dari kata mulus dan membutuhkan sekian banyak perjuangan untuk akhirnya bisa sampai di titik ini.

Hal yang aku ingat dari perjuanganku tahun lalu ialah bahwa aku dengan penuh semangat dan optimisme bahwa aku akan berhasil dan lulus di jurusan Arsitektur. Lalu, setelah sekian banyak penolakan dari kampus yang luar biasa hingga kampus yang biasa saja, aku akhirnya tau bahwa jodoh dan rejekiku yang sebenarnya bukanlah di bidang Arsitektur.

Teknik Geofisika sendiri bukanlah pilihan pertama waktu itu. Meskipun memang iya dulu aku sempat berminat dan karena tentangan dari keluarga aku harus merelakan minatku dulu. Tetapi, pada faktanya adalah jodohku ada pada jurusan yang selama ini dihindari oleh keluargaku. Teknik Geofisika.

Menjadi seorang perempuan di bidang ini bukanlah hal mudah. Keharusan untuk pergi ke lapangan, melakukan survey, mengambil data, melakukan banyak perhitungan rumit dan melelahkan ini seringkali membuat para wanita yang berkecimpung di dalamnya sering dipandang sebelah mata. Kebanyakan seringkali diremehkan dalam segala hal. Mulai dari kemampuan fisika seorang wanita yang kurang memadai untuk bertahan di alam liar jika tidak terbiasa, hingga ke pandangan bahwa wanita tidak memiliki bakat logika seperti laki - laki. Hal – hal seperti itu bukan lagi hal baru yang ku dengar. Banyak sekali cemooh dan pandangan heran kebanyakan orang tentang pilihanku dan pilihan 22 teman wanitaku saat ini di Teknik Geofisika.

Tetapi, Teknik Geofisika sendiri memiliki banyak peluang kerja. Di samping banyaknya berita mengenai turunnya dunia pertambangan di Indonesia. Pada faktanya, seorang geofisikawan yang memiliki ahli di bidang engineer dan sains sekaligus ini tidak hanya mampu menambang tetapi juga mampu melakukan mitigasi bencana alam, melakukan prediksi mengenai isi bumi serta interpretasi data bumi. Seorang geofisikawan memang seorang eksplorer sejati. Eksplorasi sumber daya bumi adalah salah satu spesialisasi seorang geofisikawan. Mampu memprediksi apa yang ada di bawah permukaan bumi tanpa harus membongkar langsung adalah kelebihan seorang geofisikawan.

Teknik Geofisika adalah pilihan yang tepat untuk orang – orang yang mencintai tantangan dan suka menemukan hal – hal baru. Teknik Geofisika yang selalu memberikan kesan yang sulit ini sebenarnya memiliki sisi paling menyenangkan untuk dikenal.

bottom of page